Tradisi Lebaran Desa Suak Putat, Pulang shalat Eid Langsung Ziarah ke makam keluarga

 

Foto : Masyarakat ziarah ke makam keluarga usai shalat idul Fitri

Muaro Jambi - Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia, Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa tiba saatnya umat Islam Rayakan hari kemenangan dan biasa di jadikan sebagai ajang silahturahmi antar sesama dan saling bermaaf-maafan menghapus semua kesalahan yang ada.

Lain halnya dengan masyarakat desa Suak Putat Kecamatan Sekernan kabupaten Muaro Jambi, Selain menjadi momentum untuk saling bermaaf-maafan momen lebaran juga dijadikan sebagai waktu yang baik untuk melakukan ziarah ke makam sanak keluarga.

Santoso Kepala Desa Suak Putat menyebut, Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Setiap tahun nya usai melaksanakan shalat idul Fitri Langsung melakukan ziarah ke makam keluarga, Jumat (14/05/21).

"Tradisi ini memang telah lama di lakukan oleh banyak masyarakat desa saya, usai melaksanakan shalat idul Fitri Langsung berziarah ke makam keluarga" sebutnya.

Foto : Istimewa

Namun dengan kondisi covid 19 yang Masih mewabah di wilayah kabupaten Muaro Jambi, sehingga kegiatan berkerumun dan berkumpul menjadi di batasi guna menghindari penyebaran virus Corona sesuai anjuran Pemerintah.

"Namun tahun ini sedikit berbeda karena di tengah pandemi covid19, sehingga kegiatan berkerumun menjadi dibatasi meski Desa Suak Putat berstatus zona hijau, namun kita tetap mengikuti anjuran Pemerintah" tutupnya.

Penulis : Jeki 
Editor   : Septian