Inilah Proses Pembuatan Kue Pa'ipuk, Kuliner Ramadhan Khas Sekernan

foto : keu pa'ipuk kuliner Ramadhan khas sekernan

Muaro Jambi - Beginilah proses pembuatan Kue Pa'ipuk Kuliner Ramadhan Khas Desa sekernan, kecamatan Sekernan kabupaten Muaro Jambi.

kuliner yang berbahan dasar tepung ketan dengan isi parutan kelapa yang di campur gula merah di dalamnya memiliki nama yang khas dan rasa yang berbeda karena di siram dengan santan kelapa saat setengah matang, tentu memiliki kenikmatan lain dari kue pada umumnya.

Nama pa'ipuk sendiri diambil dari cara pembuatan kue yang satu ini, yaitu dengan cara di tepak dan ditepuk-tepuk sehingga masyarakat Desa sekernan menamainya dengan nama pa'ipuk.

Foto : proses pembuatan kue pa'ipuk dengan cara di kukus dan disiram santan kelapa

Sumaryati saat proses pembuat kue pa'ipuk menyebut, Kue ini hanya ada di bulan ramadhan, di buat dengan bahan dasar tepung ketan, kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan renyah di dalam kerena di isi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah, Minggu (02/05/21).

"Pertama tepung ketan di campur air, lalu aduk hingga merata, kemudian adonan di tepak dan tepuk-tepuk hingga Kalis, barulah di ambil secukupnya dan letakan di atas daun pisang yang telah di olesi minyak, kemudian di isi dengan parutan kelapa yang telah di campur dengan gula merah, lalau kue di masak dengan cara di kukus" sebutnya.

Lalu saat kondisi setengah matang, kue disiramkan sedikit santan kelapa agar memberikan rasa yang gurih dan khas, tentunya sangat cocok dihidangkan untuk menu berbuka puasa.

"Keu pa'ipuk ini di masak dengan cara dikukus selama lebih kurang 15 menit, saat kondisi setengah matang di siramkan santan kelapa, lalu tunggu hingga matang, setelah itu pa'ipuk khas Sekernan siap dihidangkan sebagai menu berbuka puasa" tutupnya.

Penulis : Jeki Santoso
Editor   : Septiani