Tradisi Turun Berumo Masyarakat Desa Sekernan Gelar Doa bersama

 

Foto : Kegiatan Tradisi turun Berumo Masyarakat Desa Sekernan

Muaro Jambi - Memasuki masa tanam padi Sawah tahun 2021, Masyarakat Desa Sekernan kecamatan Sekernan kabupaten Muaro Jambi menggelar kegiatan Doa Bersama Turun Berumo, tradisi ini merupakan tradisi warisan dari nenek moyang dan terus di lestarikan sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah, kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok Tani Tani Cinto Kenang, Rabu (06/10/21).

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Desa Sekernan dan Dinas Pertanian kabupaten Muaro Jambi, melalui kegiatan ini diharapkan agar proses pelaksanaan penanaman padi hingga panen bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Alamsyah kepala Desa Sekernan menyebut, Pemerintah Desa Sekernan dan Dinas Pertanian kabupaten Muaro Jambi akan terus mendukung program pertanian padi sawah yang dilakukan oleh masyarakat desa sekernan, kedepannya diharapkan seluruh kelompok tani yang ada di desa sekernan bisa melaksanakan penanaman padi sawah Secara serentak dengan memanfaatkan seluruh lahan sawah yang ada.

"Tentunya pemerintah Desa Sekernan bersama Dinas Pertanian kabupaten Muaro Jambi akan terus mendukung, diharapkan kedepannya seluruh lahan sawah yang ada di dalam desa sekernan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para petani, sehingga masyarakat bisa mewujudkan swasembada beras" sebutnya.

Selain itu, Alamsyah juga berpesan kepada masyarakat dan para petani jika menemui permasalahan di lapangan agar bisa berkonsultasi dengan pihak Desa atau pun dinas pertanian.

"Apapun permasalahan di lapangan Pemerintah Desa dan Dinas Pertanian akan selalu siap membantu mencarikan solusi untuk keberhasilan para petani" tutupnya.

Sementara itu, Ardi ketua kelompok Tani Cinto Kenang menyebut Kegiatan ini di ikuti oleh Para petani yang tergabung dalam beberapa kelompok tani yang ada di Desa sekernan, dia berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahun nya.

"Harapan dari petani kegiatan tersebut bisa dilaksanakan atau menjadi kegiatan rutin setiap tahun nya, diharapkan dengan adanya doa bersama trsebut, hasil panen petani bisa lebih melimpah dan mendapatkan keberkahan" tandasnya.

Penulis : Jeki
Editor    : Septian