Workshop Kurikulum KPI IAIMA Jambi Punya Ciri khas Tersendiri

 



JAMBI - kampus insitut agama Islam Muhammad azim (IAIMA) Jambi melakukan kegiatan Workshop dalam penyusunan kurikulum tahun ajaran 2021/2022 dilingkungan kampus IAIMA Jambi melalui Zoom Meeting, Selasa pagi (28/12/21).

Nara sumber Dr.Sihabudin Noor, Dalam paparanya mengatakan bahwa kurikulum di KPI IAIMA ini memilki khas yang tidak dimiliki oleh perguruan lainya, yaitu entrepreneurship yang dijadikan suatu inovasi dan kreasi bagi mahasiswanya dan para dosen.

"KPI IAIMA Jambi ini memiliki ciri khasnya sendiri, yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya, tentunya ini patut mendapat apresiasi" sebutnya.

Sementara Dekan fakultas dakwah dan studi Islam (FDSA) IAIMA Jambi M.Ilham M.Ag, mengatakan, kegiatan ini memiliki konsep kualifikasi nasional indonesia (KKNI) yang berorentasi pada merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) masih belum optimal diadopsi oleh program studi.

"hal ini bisa jadi karena kurangnya pemahaman tentang konsep itu,atau di sisi lain,kurangnya kemampuan untuk menerapkan konsep tersebut kedalam kurikulum, Persepsi dan paham sivitas akademikan tentang kebijakan MBKM yang digulirkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan masih beragam,ada yang pro dan ada optimis,tetapi ada juga yang kontra dan pesimis. masing masing memiliki argumen dan penjelasan tersendiri ,perbedaan persepsi dan pemahaman ini tentu berdampak terhadap proses pembelajaran di perguruan tinggi,termasuk di fakultas dakwah dan studi agama IAI Muhammad azim Jambi." Katanya.



Oleh karena itu,workshop kurikulum prodi KPI ini dipandang sebagai salah satu terobosan tepat,untuk mempertajam pemahaman tentang KKNI berorentasi pada MBKM,serta mengembangkan kapasitas dalam menerapkan di setiap kurikulum.

"Maka kita minta kepada narasumber untuk menjelaskan dan mengarahkan kita mengenai segala halnya tentang kurikulum ini dan minta untuk mengomentari dokumen kurikulum yang kita buat dan kita sangat berharap untuk dikoreksi agar lebih baik lagi kedepannya," harapnya.

Pada kegiatan tersebut hadir pihak kampus dengan warek satu Saidina Usman el-quraisy yang diwakili oleh dekan fakultas dakwah dan studi agama ,M.Ilham M.Ag. dan para dekan fakultas dilingkungan IAIMA Jambi serta kaprodi KPI Zulfikar M.Ag para dosen KPI dan mahasiswa KPI, serta mahasiswa fakultas lainya. (Jek)