Bupati Cek Endra Halal Bihalal Bersama PABPDESI Sarolangun




JAMBIZONE.COM-SAROLANGUN- Bupati Sarolangun Cek Endra Halal Bihalal dengan Persatuan Anggota Badan Pengawas Desa Seluruh Indonesia (PABDESI) tingkat Kabupaten Sarolangun, Kamis (12/5/2022) di rumah dinas Bupati Sarolangun. 

Selain memberi motivasi, Bupati 
mengatakan akan tetap berbuat untuk kemajuan masyarakat Sarolangun dari Senayan. Pada kesempatan ini Bupati Cek Endra memotivasi dan meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membantu kepemimpinan desa dengan menjalankan fungsi dan peran dalam pengawasan desa, terutama dalam pengelolaan keuangan desa.  

Halal Bihalal dengan PABPDESI Sarolangun di ujung kepemimpinan Bupati Cek Endra ini dihadiri anggota BPD dari 149 desa se Kabupaten Sarolangun, Ketua PABPDESI Sarolangun M. Sabtar dan Kadis PMD Mulyadi. 

Cek Endra menyebut baru saat ini BPD dioptimalkan dan difungsikan, sebelumnya tidak berfungsi, padahal mereka dipilih masyarakat. 

"Ke depannya saya minta peran BPD ditunjukkan, bagaimana pengawasan keuangan desa diawasi dan dioptimalkan, sebagai upaya peran kontrol untuk kemajuan masyarakat," pinta Bupati Cek Endra. 

"Saya minta, tolong bantu kepemimpinan desa, kamu inspektoratnya desa," tegas Cek Endra.

Lanjut Cek Endra, Ia telah membuat menu dalam mengakomodir permintaan anggota BPD yang meminta insentif dari pemerintah demi kelancaran tugas. 

"Sesuai permintaan BPD, kesejahteraannya harus diperhatikan, ini sudah kita akomodir dan sudah kita buat menunya, tinggal ketok palu DPRD, insentifnya kita anggaran Rp. 1 juta per bulan," terang Cek Endra. 

Bupati Cek Endra juga menghimbau agar berperan aktif dalam pengelolaan dana yang bersumber dari pemerintah, seperti Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat dan dana P2DK dari dana APBD Sarolangun. 

"Terkait dana P2DK, saya minta harus tetap digulirkan, kalau belum maksimal silakan sempurnakan, sistem atau juklak juknisnya, dalam hal ini BPD harus tingkatkan peran dan kinerja, karena BPD yang paling dekat dengan masyarakat," jelas Bupati.

Cek Endra menyebut bahwa program ekonomi kerakyatan sudah digelontorkan hampir sepuluh tahun ini karena mengingat kebutuhan masyarakat, masyarakat terbukti sangat terbantu, begitu juga dengan program Subling. 

Program ekonomi kerakyatan Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), Cek Endra melihat keinginan dan kebutuhan masyarakat, begitu juga program subling dalam mengajak masyarakat shalat berjamaah di masjid. P2DK sudah mendarah daging di masyarakat Sarolangun. 

"Sebelum Pak Jokowi berpikir program ekonomi kerakyatan berbasis masyarakat desa, Sarolangun sudah jauh melakukannya, sejak program bedah rumah, serjusade hingga P2DK.

Program mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat sesuai undang undang, pakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara," urai Cek Endra dan menyebut bahwa masyarakat di setiap desa beda kebutuhannya,  P2DK adalah program yang bisa diatur sesuai kearifan lokal dan keinginan masyarakat dan sudah banyak desa yang berhasil dengan ternak dari dana P2DK. 

Cek Endra berharap kepada pemimpin Sarolangun ke depan, program P2DK harus tetap dilanjutkan, Ia menyebut akan tetap berbuat membantu masyarakat Sarolangun dari Senayan.

"Saya akan tetap berbuat untuk kemajuan masyarakat Sarolangun dari Senayan, dukung dan doakan saya menjadi anggota DPR RI, saya akan tetap mengabdi untuk masyarakat Sarolangun. Saya yakin dan mendoakan Sarolangun lebih baik ke depan, mudah-mudahan niat dan doa kita diijabah Allah SWT," ucap Cek Endra. 

Terakhir, Cek Endra berharap silaturahmi dengan masyarakat Sarolangun tetap terjalin dengan baik.

"Walaupun secara dinas saya tidak lagi menjabat, tetapi pintu rumah saya tetap terbuka untuk masyarakat Sarolangun," tutupnya
*(Herlb)*