Ziarah kubur ke-5 Desa Suak Putat, Tradisi Sebelum Ramadhan

 


Jambizone.com - Masyarakat Desa Suak Putat, kecamatan Sekernan, kabupaten Muaro Jambi melaksanakan tradisi ziarah Kubur ke-5, kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan, di pemakaman umum Desa Suak Putat, Senin (20/03/23).

Tradisi ziarah Kubur jelang bulan Ramadhan ini di isidengan membaca surat Yasin, tahlil, dan Doa serta di isi dengan tausiyah agama oleh penceramah Ustadz Junaidi, yang telah di siapkan pemerintah desa Suak Putat.

Santoso kepala Desa Suak Putat mengatakan, ziarah kubur Desa Suak Putat ke-5 ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan yang mulai dilakukan sejak lima tahun terakhir, dengan tujuan mengirim Doa untuk keluarga yang telah meninggal dunia, yang di ikuti oleh seluruh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah hari ini kami pemerintah Desa Suak Putat, bersama masyarakat melaksanakan tradisi ziarah Kubur ke-5 jelang bulan Ramadhan" sebutnya.





Selain itu, Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia dan menjalin silahturahmi di antara masyarakat.

"Dengan adanya tradisi ziarah Kubur ini selain mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia, juga mengingatkan kita dengan kematian, serta menjalin silaturahmi antara sesama, melalui tausiyah yang di sampaikan oleh ustadz yang telah kita siapkan" tutupnya. (Jek)