Sekda Muaro Jambi Hadiri Penyusunan Dokumen Perencanaan ATM

 




Jambizone.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Budhi hartono S Sos,.MT Menghadiri Sekaligus Membuka Acara Pertemuan koordinasi Penyusunan Dokumen Perencanaan Kabupaten Untuk AIDS-TURBERKULOSIS-MALARIA (ATM) kabupaten Muaro Jambi, di Ruang Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Senin (26/06/23).

Budhi Hartono, Sekretaris Daerah kabupaten Muaro Jambi mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan besar yakni tiga masalah kesehatan yang membebani masyarakat yaitu masih tingginya penyakit menular seperti Aids, tuberkulosis, dan malaria.

"Tuberkulosis atau TB masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, selain itu adanya kolerasi dengan HIV  AIDS membuat TB menjadi beban ganda bagi masyarakat kita baik dampak kesehatan maupun dampak sosial ekonomi yang harus ditanggung oleh masyarakat dan negara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut pemerintahan telah melakukan terobosan-terobosan yang dimulai dalam rencana strategis nasional" sebutnya.

Dilanjutkannya, Pemerintahan daerah perlu melakukan percepatan pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Aids, Tuberkulosis dan malaria dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat kabupaten baik milik pemerintah maupun swasta.

Upaya kesehatan masyarakat menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan namun tidak secara otomatis memiliki kewenangan terhadap manajemen sumber daya dalam penanggulangan AIDS tuberkulosis dan malaria seperti yang dimuat dalam masing-masing strategi dan rencana aksi nasional.

"Sejalan dengan hal tersebut, diperlukan kemitraan dan kesepakatan di daerah, keterlibatan dan peran serta lembaga perbankan CSR perusahaan dan pihak swasta dalam pencegahan dan pengendalian AIDS tuberkulosis dan malaria" imbuhnya.

Melalui pertemuan ini dipastikan Pada saat menyusun perencanaan dan penganggaran tahun 2004 telah mempedomani dasar-dasar hukum tersebut pada perencanaan 5 tahun, Kegiatan prioritas berdasarkan kebijakan nasional Kemenkes dan Kemendagri dalam perencanaan agar kegiatan dan Sub kegiatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian.

"Sebagai bentuk nyata dari komitmen yang dimaksud pada hari ini kita memerintah Kabupaten Muaro Jambi Melaksanakan pertemuan koordinasi penyusunan dokumen perencanaan Kabupaten muaro jambi, Untuk itu Besar harapan saya kiranya bapak ibu dapat mengikuti pertemuan ini dengan seksama dan penuh tanggung jawab, memberikan masukan sehingga baik kita harapkan dapat tercapai dengan baik" tutupnya. (Jek)