Rekor MURI Muaro Jambi, 1.012 pelajar SMP Mainkan Senandung Jolo Saat Hardiknas

 



Jambizone.com - Pada hari pendidikan Nasional tahun 2024 ini, pemerintah kabupaten Muaro Jambi melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Muaro Jambi meraih Rekor dan mendapatkan sertifikat dari musium Rekor Indonesia (MURI) yaitu melakukan senandung jolo alat musik tradisional kabupaten Muaro Jambi yang di mainkan serentak oleh 1.012 pelajar SMP di area perkantoran Bupati Muaro Jambi, Kamis (02/05/24).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Andre Purwandono Operation Manager Musium Rekor Indonesia dan juga Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah bersama Forkompinda dan tamu undangan lainnya.

Usai menyaksikan pagelaran Senandung Jolo Andre Purwandono mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa yang dilakukan di Muaro Jambi yaitu Pagelaran Senandung Jolo oleh siswa terbanyak. Yang mana pada awalnya di klaim sebanyak 1000 siswa, namun setelah di hitung jumlahnya ada 1.012 siswa. Dan melebihi target dari yang diajukan. 

"kami dari Musium Rekor Indonesia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami sangat tidak layak mencatatkan ini hanya sebagai rekor muri saja, akan tapi ini akan kami catat sebagai Rekor Dunia. Karna kami yakin ini hanya di Muaro Jambi, dan kita harus sama sama melestarikan budaya ini agar tidak punah dimakan zaman," Sampainya.

Sementara itu , Pj Bupati Bachyuni Deliansyah menyampaikan ucapan terimakasih dan mengaku bangga dengan kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi yang telah sukses membina siswa-siswi dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal khas Kabupaten Muaro Jambi. 

"Saya bangga, tepat di hari Pendidikan Nasional, anak anak kita dapat menunjukkan prestasi yang luar biasa. Dan hari ini kita mendapatkan Rekor MURI," ucapnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi M.Firdaus mengatakan kegiatan ini telah disiapkan sejak beberapa bulan lalu. Ribuan siswa yang dilibatkan bermain Senandung Jolo tersebut diambil dari 32 Sekolah Tingkat SMP yang ada di 11 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muaro Jambi. tujuan dari Pagelaran Senandung Jolo adalah untuk mengangkat dan mensosialisasikan Musik Senandung Jolo Kepada Masyarakat luas.

 "Saya berharap, dengan penghargaan ini dapat memberikan motivasi bagi siswa lainnya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya lokal Jambi ini" tutupnya (jek)