Bupati Masnah Bersama Pemprov Jambi Tabur Benih Ikan Toman Di kanal Karhutlah Kumpeh Ilir

foto : Bupati Masnah Bersama Pemprov Jambi tabur bibit ikan Toman di kanal lahan gambut Kumpeh Ilir


Muaro Jambi - Cegah Karhutlah Bersama Pemerintah Provinsi, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro serahkan Benih ikan Toman kepada masyarakat wilayah lahan gambut dalam rangka pembangunan Sekat Kanal dan Pencegahan Karhutla, di Desa Puding Kecamatan Kumpeh Ilir kabupaten Muaro Jambi, Senin (10/04/21).

Dalam kegiatan tersebut Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyambut rombongan Gubernur Jambi yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, Kapolda Jambi Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., Danrem GAPU 042, Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P, M.M serta tamu undangan lainnya.

Bupati Masnah berharap dengan adanya pemanfaatan kerambah ikan di kanal lahan gambut sebagai penampungan air guna mencegah terjadi nya karhutlah di kabupaten Muaro Jambi, sehingga air diwilyah ini tersedia meski saat musim kemarau dengan ini.

"Semoga di tahun ini tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan, saya juga menghimbau  kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar" sebutnya.

Sementara Sekda Provinsi Jambi menyampaikan kegiatan ini bentuk komitmen bersama antara Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Polda Jambi, Korem 042 Gapu dalam mengatasi permasalahan lingkungan, kebakaran hutan dan lahan,  serta kesejahteraan masyarakat. 

"Dalam rangka komitmen bersama, peduli terhadap persoalan lingkungan, masalah kebakaran hutan dan lahan, peduli juga terhadap kesejahteraan masyarakatnya" ujar Sekda Provinsi Jambi.

Lebih lanjut, Sekda Provinsi Jambi menghimbau kepada masyarakat untuk ikut andil menjaga dan peduli dengan lingkungan agar kejadian dimasa lalu tidak terulang di masa mendatang.

''Tentunya kami berharap betul agar masyarakat ikut menjaga agar Karhutla tidak terjadi lagi di Kabupaten Muaro Jambi ini. Dan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya" ungkap Sekda Jambi.

Selanjutnya, Bupati Muaro Jambi beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju restocking bibit ikan yang berada di sekat kanal untuk melakukan pencegahan Karhutla di kawasan Hutan Gambut Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

Penulis : Jeki Santoso
Editor    : Septian