Harga Getah Karet Muaro Jambi Meningkat, Diskoperindag Upayakan Kestabilan Harga

 

Foto : Getah Karet di pasar lelang getah


Muaro Jambi - Harga getah karet Yang ada di kabupaten Muaro Jambi mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa Minggu terakhir, sebelumnya harga karet hanya di kisaran Rp 6.000 per kg, kini mencapai harga Rp 12.000. per kilogram nya, Jum'at (22/10/21).

Seperti yang terpantau di pasar lelang getah karet Yang ada di km 29 desa bukit baling kecamatan Sekernan kabupaten Muaro Jambi, harga Getah Karet menyentuh angka Rp 12.000 per kilogram nya.

Herman salah seorang Tengkulak atau toke yang biasa membeli karet dari masyarakat menyebut kenaikan harga ini mendapat sambutan yang baik dari para petani, meski demikian diakuinya produksi getah karet sedikit menurun dari biasanya.

"Kalau Harga getah saat ini tinggi, tergantung pada kualitas getah nya juga yang bagus itu kondisi getah nya kering tidak mengandung air, kalau jumlah produksi getah sedikit menurun saat ini mungkin karena faktor dan musim daun pohon karet yang sedang gugur" sebutnya.

Foto : Samsul Hidayat Kabid perdagangan Diskoperindag Muaro Jambi
Menanggapi hal tersebut, Samsul Hidayat Kabid perdagangan Dinas Koperindag kabupaten Muaro Jambi mengaku akan mengupayakan untuk menjaga kestabilan harga Getah Karet, sehingga kedepannya tidak kembali terjadi pemerosotan harga di kalangan petani.

"Kita sudah mengetahui kenaikan harga tersebut, tentunya menjadi angin segar bagi para petani karet, kedepan kita bersama dinas terkait akan mengupayakan kestabilan harga tersebut sehingga tidak kembali terjadi pemerosotan harga karet kembali" tutupnya.

Penulis : Jeki
Editor    : Septian