Bupati Cek Endra Bersama Kapolda dan Danrem 042/Gapu Tinjau Operasi Pasar Murah

 



SAROLANGUN - Bupati H.Cek Endra Bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, S.Ik, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP, M.M., dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, S.H.I., M.Si, meninjau Pasar Murah Minyak Goreng di Kelurahan Sungai Benteng, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun, Minggu (06/03/22).

Kedatangan Kapolda Jambi di Kabupaten Sarolangun disambut  Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.Ik, Dandim 04/20 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis S.A.P M. Han, Ketua DPRD Kab Sarolangun Tontawi Jauhari, SE serta unsur terkait di Kabupaten Sarolangun.

Kapolda menyebut, Latar belakang kedatangan nya adalah berdasarkan laporan yang di terima dari nomor bantuan Polisi 085-360-555-222, terkait langkanya minyak goreng  di Singkut maupun di Rimbo Bujang.

"Dari diskusi kami dengan masyarakat, distributor maupun produsen, dapat kami simpulkan penyebabnya Yaitu adanya pembelian yang panik, masyarakat mungkin panik takut minyak goreng habis, dia beli banyak-banyak, kemudian disimpan di rumahnya sehingga masyarakat yang lain nggak kebagian," terang Kapolda Jambi.

Selain itu  penyebab langkanya minyak goreng yakni adanya spekulan yang melihat bahwa minyak goreng saat ini sangat dibutuhkan, spekulan tersebut berspekulasi dengan memborong minyak goreng yang kemudian dia jual lagi. Di samping itu penyebabnya adalah harga minyak CPO yang tinggi di luar negeri, sehingga pemerintah mengeluarkan aturan untuk orang boleh ekspor, dia harus memenuhi minimal 20 persen kebutuhan lokal.

“Saya Jelaskan bahwa di Jambi ini ada dua pabrik Minyak goreng yang produksi kesehariannya 140.000 Kilo liter, sementara di Sarolangun dan di Tebo kebutuhan hariannya 10.000 kilo liter minyak goreng.
Jadi kalau 140.000 Kilo liter insyaAllah masih cukup itu baru dari 2 produsen belum lagi nanti ada teman-teman yang punya retail yang pabriknya di Jakarta belum lagi yang curah, itu insyaallah cukup,” Jelasnya.

Kapolda Jambi kemudian menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut, khawatir dan tidak perlu membeli minyak goreng secara berlebihan.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra berharap agar Masyarakat Sarolangun khususnya kecamatan Singkut jangan Terprovokasi dengan kabar kelangkaan Minyak Goreng,

"Pemerintah akan selalu berupaya membantu masyarakat dalam  memenuhi Kebutuhan Minyak Goreng," pungkas Bupati. (Herlb)