PJ Bupati Harapkan peserta KOSN dan FL2SN Bawa Muaro Jambi ke Kancah Nasional

 




MUARO JAMBI - Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah menghadiri sekaligus membuka Secara Resmi Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Muaro Jambi tahun 2022. Kegiatan ini di laksanakan di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi,  Kamis (09/06/22).

kegiatan yang mengusung tema "Melalui Olahraga dan Seni, Kita Tumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila", diharapkan dengan kegiatan ini siswa kabupaten Muaro Jambi bisa meraih juara di Tingkat provinsi dan nasional.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Mengatakan kegiatan ini jangan sebagai seremonial saja. Namun, Dia meminta para pelajar tampil baik di cabang olahraga maupun seni, sehingga bisa tampil di tingkat provinsi dan tingkat nasional membawa nama kabupaten Muaro Jambi.

"Saya minta kepada Pak Kadis, ada yang mewakili Kabupaten Muaro Jambi di tingkat nasional, saya percaya, bahwa akan ada utusan dari Muaro Jambi yang mampu berlaga di kancah nasional. Saya tahu kuantitas dan kualitas kita," ungkapnya.

Selain itu, Pj Bupati juga meminta agar Dinas Pendidikan serius membimbing kegiatan seni tradisional yang pada di kabupaten Muaro Jambi.

"Saya juga tadi mendengar ada seni tradisional, Saya minta Pak Daus dibimbing. Kapan lagi kita membanggakan Kabupaten Muaro Jambi kalau bukan kita sendiri," tegasnya.

 Dia meminta bagaimana acara ini selesai, yang kemudian mendapatkan talenta muda yang dapat membanggakan Kabupaten Muaro Jambi di ajang nasional 

"Itu yang diharapkan. Jadi jangan hanya formalitas saja. Minimal ada target juara ditingkat nasional," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Muaro Jambi,  Firdaus, menyebutkan, kegiatan ini merupakan agenda setiap tahun digelar. Dimana sebagai sarana penggalian, penjaringan, pembinaan serta pengembangan bakat dan minat peserta didik.

"Agar potensi-potensi talenta olahraga dan seni yang dipunyai bangsa ini menjadi aktual sinergis dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif," katanya.

Di jelaskannya, kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dari seleksi internal di satuan pendidikan berlanjut pada seleksi di tingkat gugus kemudian dilombakan di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten, seterusnya ke provinsi hingga sampai ke nasional. Dengan tujuan memberikan wadah dan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi karya kreasi dan inovatif yang dimiliki peserta didik. 

"Juga menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi, menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play, mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa, dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air," tutupnya. (Jeki).