Inilah Senjata di Logo Kabupaten Muaro Jambi

 



Jambizone.com - Jika di perhatikan pada lambang Logo pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi ada sebuah senjata yang terpampang di dalam lambang tersebut, senjata tersebut merupakan senjata khas rakyat kabupaten Muaro Jambi sehingga di jadikan lambang dalam logo pemerintahan daerah kabupaten Muaro Jambi, Rabu (18/01/2023).

Menurut keterangan dari salah seorang sejarawan kabupaten Muaro Jambi Abdul Muthalib mengatakan, Senjata yang sebenarnya milik rakyat kabupaten Muaro Jambi bernama Sekin yaitu senjata mirip pisau yang berukuran kecil lebih kurang satu jengkal, dengan bentuk yang unik dan khas.

"Informasi yang saya kumpulkan berdasarkan dari para sesepuh kabupaten Muaro Jambi, informasi lain dari berbagai buku dan keterangan masyarakat, sekin ini adalah senjata asli Muaro Jambi yang merupakan senjata rahasia yang selalu di bawa oleh masyarakat pada jaman dahulu untuk menjaga diri dari Serangan binatang buas seperti harimau sumatera ataupun beruang" sebutnya.

Penetapan logo kabupaten Muaro Jambi tertuang dalam Perda nomor 5 tahun 2001 berdasarkan hasil sayembara penentuan logo kabupaten Muaro Jambi dan di tetapkan dengan lambang Sebuah senjata sejenis Pisau yang di sebut oleh masyarakat sekin dengan bentuk pisau yang sedikit melengkung dan tajam ke ujung dengan ukuran kecil.

"Jika diperhatikan dalam logo tersebut ada sebuah senjata khas rakyat kabupaten Muaro Jambi, itu bukan keris tetapi senjata khas masyarakat yang di sebut sekin, namun masih banyak orang yang beranggapan itu adalah keris" tutupnya. (Jek)