PJ Bupati Pimpin Apel Siaga Penanganan Karhutla

 



Jambizone.com - Pemerintah kabupaten muaro jambi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi menggelar Apel Siaga Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten muaro jambi, di lapangan sepak bola Desa Petaling, kecamatan sungai Gelam. Rabu (15/02/23).

Apel siaga ini diikuti unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, Pol.PP muaro jambi, Manggala Agni, Pramuka, dunia usaha, dan potensi relawan lain nya.

Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah menegaskan, penanganan karhutla membutuhkan sinergitas. Melalui Apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini, sebagai bentuk langkah kesiapan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, karena kami menyadari bahwa penanganan bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja," sebutnya.

PJ Bupati Bachyuni berharap, kegiatan apel siaga ini harus menjadi kegiatan rutin dan tidak berhenti secara seremonial saja. Kegiatan apel siaga ini harus menjadi kegiatan rutin dan tidak kalah pentingnya adalah aktualisasinya harus berjalan optimal pada saat terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sesungguhnya.

Diperlukan pemahaman teknis ataupun strategi dalam siaga kebakaran hutan dan lahan, baik dalam mitigasi maupun penanganan secara langsung. Dimana dengan kondisi dataran yang tidak rata, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan, sulit menggunakan peralatan modern.Salah satu upaya mitigasi yang dilakukan adalah dengan membuat pos pantau kebakaran hutan dan lahan dibeberapa titik rawan kebakaran dimana di masing-masing pos ada petugas piket yang berjaga," ungkapnya.

Menghadapi ancaman karhutla di wilayah Kabupaten Muaro Jambi ini, pj. bupati berharap wilayah Kabupaten Muaro Jambi aman dari karhutla.

"Saya sebagai masyarakat sekaligus penjabat kepala daerah Kabupaten Muaro Jambi  berdoa dan berharap agar wilayah kita ini aman dari karhutla dan terhindar dari segala macam bencana dan tetap selalu siap siaga dalam mengatasi segala bentuk ancaman bencana demi mewujudkan kabupaten Muaro Jambi bergerak mantap," Tutupnya (adv/jek)