Sekda Muaro Jambi Hadiri Observasi Desa Tangkit Baru oleh tim KPK

 



 


Jambizone.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono menghadiri observasi terhadap Desa Tangkit Baru oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), 
Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, siap menjadi desa percontohan anti korupsi di Indonesia. Secara bertahap Pemkab Muaro Jambi akan mendampingi kepala desa dan perangkat desa serta masyarakat untuk mewujudkan itu. Rabu (01/02/23).

Sekda Budhi Hartono mengatakan, Desa  Tangkit Baru dan Mekar Sari sebagai desa lokasi observasi KPK sebagai usulan percontohan desa anti korupsi 2023 diawali dengan permintaan usulan desa anti korupsi dari Inspektorat Provinsi Jambi yang ditujukan kepada DPRD dan Inspektorat Kabupaten Muaro jambi pada tahun  2022 lalu.

"Telah disepakati diusulkan dua desa untuk diverifikasi tim Inspektorat Provinsi Jambi. Alhamdulillah hasil verifikasi tersebut Desa Tangkit Baru dan Desa Mekar Sari  masuk dalam kriteria bersama satu desa lainnya di kabupaten merangin untuk diusulkan ke KPK RI" sampainya.

Sementara itu, Ketua tim observasi KPK RI, Anisa Nuritasari menegaskan, desa anti korupsi itu bukan lomba. Tapi desa anti korupsi ini nantinya menjadi kiblat percontohan bagi desa-desa lainnya.

"Jadi disini kita juga akan berbagi pengetahuan dengan desa-desa lainnya, untuk membangun desa anti korupsi,’’ terangnya.

Dilakukan nya, Menurut Fungsional Direktorat Pembinaan  Praserta Masyarakat KPK RI ini, pada tahun ini 2023 ada 22 provinsi yang akan diobservasi. Nanti akan terpilih satu desa setiap provinsi, untuk bisa lolos mejadi desa anti korupsi, tidak hanya dilihat dari kelengkapan indikator.

‘’Kita juga akan melihat faktor-faktor lainnya, seperti antusiasnya, sarana dan prasarananya juga akan dinilai.
Di Jambi selain  Desa Tangkit Baru dan besok di Desa Mekar Sari kabupaten Muaro jambi  juga ada satu Desa yang  ada di kabupaten merangin yang baru-baru ini  diobservasi," jelasnya 

Observasi akan dilakukan dari lima komponen dan 18 indikator yang sudah disusun, kemudian diassesmen. Nanti dari hasil assesmen itu akan dinilai dan hasilnya untuk kemudian terpilih salah satu desa perwakilan dari setiap provinsi.

"Desa tangkit baru Alhamdulillah sambutannya sangat baik sekali dan masyarakatnya juga antusias. Hal ini juga ditunjukan oleh Kades, kemudian aparat desa.Tidak hanya itu, tapi juga dari pimpinan OPD-OPD terkait, baik dari tingkat provinsi maupun Kabupaten Muaro jambi yang hadir, Hal ini menunjukan komitmen dari seluruh warga desa, maupun tingkat kabupaten dan provinsi, turut mendukung Desa tangkit baru  menjadi usulan desa anti korupsi" tutupnya (adv/jek)