Tradisi Idul Adha, Warga Sekernan makan bersama usai sholat id

 



Jambizone.com- Hari Raya Idul Adha merupakan sebuah peringatan mengenai kurban, yang menggambarkan keikhlasan nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail kepada Allah, kurban sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang berarti pendekatan, secara istilah kurban adalah penyembelihan hewan ternak dalam rangka pendekatan diri kepada Allah SWT.

Selain melaksanakan kurban, Hari Raya Idul Adha juga di peringati dengan cara melaksanakan sholat idul Adha berjamaah di setiap musholla, sama hal nya dengan masyarakat Desa sekernan, kecamatan Sekernan, kabupaten Muaro Jambi, namun yang menjadi keunikan tersendiri warga Desa sekernan usai melaksanakan sholat idul Adha berjamaah juga menggelar makan bersama di dalam musholla, Kamis (29/06/23).

H.Ramli.B.,S.sos tokoh masyarakat desa sekernan mengatakan, tradisi makan bersama usai sholat idul Adha berjamaah di musholla ini sudah dilaksanakan sejak lama oleh masyarakat desa sekernan, ini merupakan bentuk syukur dan menjaga jalinan silaturahmi antara sesama masyarakat.

"Ini merupakan tradisi yang sudah lama ada, beda hal nya dengan idul Fitri, kalau idup Adha ini usai sholat id berjamaah kami juga makan bersama" sebutnya.

Makanan yang di santap bersama adalah masakan yang di bawa oleh masyarakat saat hendak melaksanakan sholat idul Adha ke musholla, kemudian seusai sholat idul Adha berjamaah, makanan tersebut disantap bersama dengan seluruh jamaah yang hadir dengan cara saling bertukar makanan.

"Alhamdulillah tradisi ini masih kami pertahankan sebagai bentuk syukur dan menjaga jalinan silaturahmi bersama dengan seluruh masyarakat" tutupnya. (Jek)