Uji kompetensi Wartawan Jambi, Diikuti 38 peserta dari PWI dan AJI

 




Jambizone.com - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang difasilitasi  Dewan Pers bekerjasama dengan PWI dan AJI Provinsi Jambi, berjalan lancar dan ditutup oleh anggota Dewan Pers, Asep Setiawan di Hotel Aston, Jambi, Sabtu (10/06/23).

UKW ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 9 - 10 Juni 2023 di Hotel Aston dengan Penguji dari PWI Prof. Dr Radjab S, Djunaedi Tjunti, M Hopip, Andi Panjaitan, Mursyid Sonsang sedangkan dari AJI Hasudungan Sirait dan Ramon.

Dari 38 peserta itu sebanyak 26 peserta dari PWI, satu peserta tidak kompeten. Sementara dari AJI, 12 peserta semua dinyatakan kompeten.

Menurut Asep Setiawan mantan wartawan BBC London ini setiap wartawan di Indonesia patut menjaga tiga kehormatan profesi kewartawanan. Pertama menjaga profesionalisme harus menjalankan tugas-tugas jurnalistik secara profesional sesuai amanat UU Nomor 40 Tahun 1999, tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Wartawan harus mampu menjalankan fungsinya sebagai sosial control, menjaga demokrasi serta penjaga martabat pers, bangsa dan negara,” katanya.

Lalu Wartawan Indonesia, harus menjaga etika. Sebanyak 11 pasal Kode Etik Jurnalistik (KEJ) Indonesia harus dipahami dan dipatuhi dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, di lapangan.

“Patuh dalam menjalankan KEJ sangat penting, agar profesi jurnalis bisa bersanding dengan profesi lain, yang juga memiliki kode etik seperti dokter, pengacara dan profesi lainnya, Kemudian Kehormatan, wartawan wajib menjunjung tinggi sikap bertanggung jawab. Sikap ini penting agar pers yang bebas tidak disalahgunakan untuk menciderai orang lain dan keutuhan bangsa" tutupnya.

UKW di Jambi tahun 2023 ini merupakan UKW ke 712 dilaksanakan secara nasional oleh Dewan Pers. "Total wartawan di Indonesia yang sudah kompeten melalui Uji Kompetensi sampai saat ini mencapai 16.549 orang, tersebar di seluruh Indonesia," jelas Asep.

Ketua PWI Provinsi Jambi, Ridwan Agus diwakili Sekretaris PWI, Arwani menyebutkan hasil UKW ini akan jadi bahan evaluasi bagi PWI Provinsi Jambi, guna meningkatkan profesinoalisme wartawan di Jambi.

“Teruslah mengasah kemampuan dan memperbaiki kualitas diri, agar bisa menjadi wartawan profesional,” pungkas Arwani. (Jek)