Zulkifli Anggota DPRD Muaro Jambi Hadiri Kenduri Swarnabhumi di Jaluko

 



Jambizone.com - Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi dari Fraksi Gerindra, Zulkifli hadiri acara Kenduri Swarnabhumi Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Peradaban Sungai Batanghari Menceritakan Sejarah Kehidupan Manusia” yang berlangsung di Lubuk Guci Emas, Desa Muaro Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota pada Rabu, (02/08/23).

Kenduri Swarnabhumi tahun 2023 yang merupakan agenda rutin tahunan sejak 2022, membawa narasi menghubungkan kembali masyarakat dengan peradaban Sungai Batanghari yang merupakan rangkaian festival budaya melalui berbagai kegiatan fisik dan non fisik, seperti pelestarian tradisi lokal, lokakarya, dan pertunjukan seni budaya dengan tujuan memajukan kebudayaan setempat.

Di mana pada Kenduri Swarnabhumi ini menjaga ekosistem kearifan lokal berbasis budaya diharapkan mampu menggerakkan kesadaran masyarakat tentang peran sungai dalam pengembangan peradaban dan sumber kehidupan masyarakat. Kenduri Swarnabhumi tahun 2023 yang merupakan agenda rutin tahunan sejak 2022, membawa narasi Menghubungkan Kembali Masyarakat dengan Peradaban Sungai Batanghari yang merupakan rangkaian festival budaya melalui berbagai kegiatan fisik dan non-fisik.

Seperti pelestarian tradisi lokal, lokakarya, dan pertunjukan seni-budaya dengan tujuan memajukan kebudayaan setempat. Di mana pada Kenduri Swarnabhumi ini menjaga ekosistem kearifan lokal berbasis budaya diharapkan mampu menggerakkan kesadaran masyarakat tentang peran sungai dalam pengembangan peradaban dan sumber kehidupan masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya menguatkan kebanggaan masyarakat di daerah aliran Sungai Batanghari sehingga meningkatkan semangat nasionalisme dalam mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya dan cagar budaya nasional,"Ujarnya.

Ia juga berharap, dengan Kenduri Swarnabhumi dan Festival Bebiduk Besamo dapat mendorong pemerintah dan masyarakat agar dapat menginisiasi berbagai program dan aktivitas lanjutan di daerah aliran Sungai Batanghari.

"Terakhir saya mengharapkan ke depannya dapat terus bekerja sama dengan baik dalam Ekspedisi Batang Hari libido bersama Swarnabumi serta program-program lainnya dan jangan pernah bosan untuk terus memberikan evaluasi kepada kami," ungkapnya.

Kegiatan diawali dengan menyusuri Sungai Lubuk Guci Emas pada Festival Babiduk Bersama di Muaro Pijoan.dengan tujuan menelusuri jejak peradaban masa lalu di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan keduri Swarnabumi tahun 2023 dimulai dari menyelusuri sungai Guci Emas, tanam pohon 1500 , menyebarkan benih ikan nila 50.000 dan makan merawang bersama. Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi Dari Fraksi Gerindra,

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur Jambi dan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang telah menunjuk kecamatan Jambi luar Kota sebagai tuan rumah kegiatan Babiduk Bersamo di Muaro Pijoan" tutupnya. (Jek)