Ketua DPRD Muaro Jambi Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2023

 



Jambizone.com - Ketua DPRD kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bakti menghadiri deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (17/10/23).

Kegiatan ini juga di hadiri Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Kapolres Muaro Jambi dan komandan Kodim 0415 Jambi dan jajarannya.

Dalam pelaksanaan deklarasi damai Pilkades merupakan salah satu momentum yang penting dalam rangkaian proses tahapan Pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Muara Jambi ini.

Sebelum memasuki masa kampanye Pilkades berlangsung hingga pelaksanaan pada tanggal 25 Oktober 2023 pemerintah Kabupaten untuk memfasilitasi adanya deklarasi damai di mana deklarasi saat ini Bukan semata inisiatif dari pemerintah Kabupaten saja akan tetapi juga merupakan hasil kesepakatan dan koordinasi dengan Forkopimda untuk menghadirkan seluruh calon kepala desa.

Yuli Setia Bakti Ketua DPRD kabupaten Muaro Jambi mengatakan, Deklarasi ini Tentunya juga membuktikan adanya kesatuan semangat untuk acara bersama mewujudkan pelaksanaan pilkades yang damai langsung umum bebas rahasia jujur dan adil. berbagai tahapan sudah dilaksanakan dengan sosialisasi pembentukan panitia pemilu pendataan pemilih Penjaringan dan penyaringan bakal calon hingga klarifikasi berkas administrasi bakal calon.

"Tantangan ke depan adalah bagaimana mengawal tahapan pelaksanaan kampanye masa tenang Di hari H dan sampai dengan pelantikan Kepala Desa terpilih, pelaksanaan pilkades kali ini terdapat 96 orang calon kepala desa, yang terdiri dari  92 orang laki-laki, dan 4 orang perempuan,  dengan total 103 TPS dan jumlah DPT 56.615 orang yang tersebar di 30 desa di 10 Kecamatan dalam kabupaten Muaro Jambi" ungkapnya.

Melalui kegiatan ini dirinya mengimbau dan mengajak seluruh calon kepala desa untuk bersepakat untuk mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan pilkades dengan mengedepankan etika politik yang bersih dan toleran sama-sama menjaga nilai-nilai demokrasi dan turut bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban negeri Sailun Salimbai Kabupaten Muaro Jambi yang dituangkan dalam  penandatanganan Ikar damai. (Jek)