Disbunak Muaro Jambi Pastikan Stok Hewan Kurban Aman Jelang Idul Adha

 




Jambizone.com - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Muarojambi mempersiapkan ribuan hewan ternak jelang idul adha 1445 Hijriah nantinya, dan di pastikan stok hewan kurban tercukupi.

Berdasarkan data dari Disbunak Muarojambi, saat ini ada sekitar 4.890 ekor hewan ternak yang telah siap untuk memenuhi kebutuhan hari raya idul adha di Kabupaten Muaro Jambi. Kamis (30/05/24).

Evi Syahrul Plt. Kepala Disbunak Muaro jambi menyampaikan, Disbunak Muaro Jambi saat ini sedang intens turun kelapangan untuk memastikan ketersediaan stok hewan kurban di Wilayah Kabupaten Muarojambi.


"Ribuan hewan ternak yang telah disiapkan ini, telah dipastikan akan mencukupi jumlah kebutuhan masyarakat Muarojambi yang ingin berkurban pada hari raya idul adha nantinya" sebutnya.

Evi Syahrul mengatakan, hewan yang ternak yang telah disiapkan ini meliputi hewan ternak jenis Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba.

"Hewan ternak jenis sapi berjumlah sekitar 1.815 ekor, kerbau 430 ekor,  kambing berjumlah sekitar 2.537 ekor serta hewan ternak jenis domba berjumlah sekitar 108 ekor. Totalnya ada sekitar 4.890 hewan ternak yang telah disiapkan. Sementara, untuk jumlah kebutuhannya sekitar 2.518 ekor hewan ternak. Artinya, di Kabupaten Muarojambi ketersedian hewan ternak ini cukup untuk di hari raya idul adha nanti," katanya.


Evi Syahrul menyampaikan, bahwa hewan ternak yang telah disiapkan ini secara bertahap akan diberikan surat keterangan kesehatan hewan, dan tersebar di masing-masing peternak yang ada di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi.

"Kami mengimbau, bagi masyarakat yang ingin berkurban, untuk dapat memastikan hewan ternak yang dibeli memang benar-benar memiliki surat keterangan kesehatan hewan. Sehingga, daging hewan ternak yang akan dikurbankan nanti aman untuk dikonsumsi," tutupnya (jek)