PJ Bupati Hadiri Pelatihan Kader Pembangunan Manusia Tahun 2024




Jambizone.com - Pemerintah Kabupaten Muaro jambi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) se-kabupaten muaro jambi yang dihadiri langsung penjabat bupati bachyuni Deliansyah,SH.MH  yang bertempat di Shangratu Hotel,Senin malam (20/05/24).


“Kegiatan ini tentunya bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas KPM yang ada di Kelurahan/desa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kepedulian terhadap masalah stunting dan gizi anak,” ungkap Bupati.


“Permasalahan stunting yang muncul di Kabupaten Muaro jambi bukanlah hal yang sepele. Hal ini perlu adanya komitmen dari semua pihak untuk bekerja sama dalam mendukung terwujudnya masyarakat dengan konsumsi gizi seimbang, pemenuhan sanitasi dasar dengan menyusun kegiatan dan penganggaran sesuai dengan lokus yang disepakati bersama dan akan diperluas secara bertahap”, ucap pj bupati bachyuni.


Lebih lanjut, Pj Bupati mengatakan untuk memastikan layanan tersedia di desa dan dimanfaatkan oleh masyarakat, diperlukan adanya tenaga yang berasal dari masyarakat itu sendiri terutama yang peduli dengan pembangunan manusia di desa, maka dibentuklah kader pembangunan manusia.


“KPM adalah kader masyarakat yang terpilih yang mempunyai kepedulian dan mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia desa, terutama dalam monitoring dan fasilitasi konvergensi penanganan stunting”, terangnya.


Pj Bupati juga mengatakan pelatihan kader pembangunan manusia yang diselenggarakan ini sebagai upaya memberikan pemahaman, pengetahuan, wawasan baru kepada KPM yang ada di desa, karena KPM merupakan ujung tombak pembangunan manusia di Kabupaten Muaro Jambi.


“Kader yang ada di setiap desa harus memiliki keterampilan yang merata agar pembangunan manusia di Kabupaten Muaro Jambi bisa lebih baik terutama dalam perubahan perilaku masyarakat. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini”, ujarnya.


Menutup sambutannya, Pj Bupati Bachyuni berharap melalui kegiatan pelatihan tersebut, KPM di Kabupaten Muaro Jambi dapat memahami dan memiliki kemampuan menjalankan tupoksi yang diemban. (Jek)